Selasa, 25 Oktober 2011

Curah Gagasan

Curah gagasan adalah teknik mengumpulkan banyak ide dari banyak orang untuk memecahkan sebuah permasalahan. Maksudnya adalah, dari banyak orang, maka akan terkumpul banyak ide/gagasan yang dapat menjadi bahan pemecahan masalah. Curah gagasan adalah teknik ampuh yang memanfaatkan kelebihan dalam dinamika kelompok.
Energi Kolektif
Energi yang terkumpul dalam kelompok, akan lebih besar ketimbang jumlah energi perseorangan.

Kepercayaan diri kolektif
Situasi yang sulit jika dikerjakan dan difikirkan secara bersama akan menjadi begitu mudah

Pemikiran divergen
Pemikiran divergen artinya mencurahkan sejumlah besar ide tentang suatu topik. Dalam kelompok akan terlihat dan hampir bisa dipastikan masing-masing individu akan mengajukan ide unik, ide lain dari yang lain.

Pemikiran asosiatif bersama
Dalam suatu kelompok besar, suatu ide yang muncul akan memicu ide baru dalam kelompok tersebut.

Penundaan penilaian
Prinsipnya adalah setiap ide yang telontar tidak ada kritik dan penilaian, bahkan ide yang “nyleneh”pun diterima dengan tangan terbuka. Prinsip ini dimaksudkan: pertama, menampung sebanyak mungkin ide. Kedua, dengan tanpa kritik menjadi lebih berani dan lebih bersedia menanggung resiko. Hingga, menghasilkan ide baru yang lebih bagus dan mengejutkan.

Curah gagasan agar berhasil harus diatur dengan mengikuti urutan empat tahap khusus:

Tahap 1. Orientasi/Pernyataan Masalah
Ada topik yang akan dibahas. Dalam mengemukakan topik yang akan dibahas dianjurkan menggunakan pernyataan yang jelas dan tegas. Semua partisipan yang hadir boleh mengajukan pertanyaan hingga mereka sepenuhnya mengerti topik yang dihadapi.          

Tahap 2. Pembangkitan Ide
Merupakan kunci proses curah gagasan. Kelompok sebagai satu kesatuan utuh berupaya untuk menghasilkan sebanyak mungkin ide. Perlu diingat, yang penting adalah jumlah, bukan mutu ide. Tak ada ide yang terlalu absurd. Tidak diijinkan melontarkan kritik serta evaluasi. Seorang fasilitator atau pencatat menulis semua ide dengan cepat pada papan tulis agar bisa disaksikan oleh semua orang.
Cara atau teknik memperoleh ide:

Peluncuran bebas. Setiap orang boleh menyebutkan ide apa saja, kapan saja. Anggap ini sebagai suatu ide “bebas untuk semua” yang memanfaatkan pikiran cepat dan semangat.

Bergiliran. Alternatif lain dengan cara bergiliran, satu persatu dipersilahkan mengajukan ide atau boleh juga diam. Sesi ini berlanjut hingga semua orang mendapat giliran. Keuntungan dari model ini adalah kemungkinan besar akan terjadi lebih banyak asosiasi bersama karena para partisipan mendengarkan saran orang lain dengan lebih serius, dan oleh karenanya memicu asosiasi mereka sendiri.

Mata tertutup. Model ini menambah daya untuk pembangkitan ide. Dengan mata tertutup, orang cenderung lebih berani karena tidak melihat rekan partisipan lain dan tidak siaga berlebihan. Teknik ini bisa menghasilkan ide 30 persen lebih banyak. Dari pengalaman, teknik ini cenderung memunculkan ide yang lebih unik, dan ide mengalir dengan lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar